Pengenalan Email

Pengenalan Email

Email selalu dianalogikan dengan sebuah kotak surat. Hamper setiap oranng yang pertama kali mengenal computer, ingin sekali memilimi sebuah e-mail. Kita bisa mengirim atau menerima e-mail berbentuk teks, suara, video melalui email.

Jenis-jenis E-mail dan Perbedaannya
  1. WEB BASED E-MAIL
Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol).
Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.
Kelebihan :
  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Lebih cepat dan handal.
  • Sangat mudah digunakan
Kekurangan :
  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • Harus dibuka satu persatu pada email
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e-mail tersebut.
  1. IMAP
IMAP (Internet Message Access Protokol) merupakan sebuah protokol yang dirancang agar user dapat mengakses e-mail pada mailbox serta dapat berinteraksi dengan mail server. Port yang digunakan oleh protokol ini dalam TCP/IP adalah port nomor 143.
Kelebihan :
  • Dengan IMAP, user dapat membuat, mengubah dan menghapus folder yang ada di server.
  • E-mail baru akan didownload dari server jika user ingin membacanya, sehingga e-mail juga dapat diakses dari tempat lain.
Kekurangan :
  • Server layanan e-mail memerlukan kapasitas resource yang agak tinggi.
  1. POP3
POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3. Server menggunakan port 110 pada TCP/IP. Jika ada client yang akan menggunakan layanan server, maka koneksi antara keduanya dilangsungkan. Setelah terkoneksikan, server POP3 akan memberikan sebuah pesan sambutan yang kemudian dilanjutkan pada tahap berikutnya yaitu tahapan otorisasi, dimana client harus mengidentifikasikan dirinya ke server POP3 dengan mengirimkan user id dan password.
POP3 mengambil e-mail dari server dengan satu kali koneksi. Artinya pada saat kita ingin membaca e-mail maka kita harus melakukan proses sinkronisasi di aplikasi e-mail client sehingga semua e-mail akan ditarik ke komputer lokal pada saat terjadi koneksi internet ke server.
Kelebihan :
  • Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
  • Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
  • Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
  • Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.
  • Lebih cepat untuk mengirim email sekaligus
  • Tidak perlu dikejar waktu untuk membalas email karena dapat
    mengetik email dengan offline dan baru dikirim.
Kekurangan :
  • Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
  • Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak bisa mengecek e-mail Anda dari sembarang tempat.
  • E-mail berbasis POP3 lambat.
Kapasitas :
Besarnya media penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung e-mail dapat tak terbatas, tergantung besarnya kapasitas pada komputer lokal.


POP adalah singkatan dari Post Office Protocol. POP3adalah POP jenis terakhir. Jadi, jalan yang dilalui sebuah emailmirip dengan yang dialami oleh sebuah mail (surat biasa), yang harusmelewati beberapakantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Sama halnyadengan email, sebuah email akan melewati beberapa komputer yangberperan sebagai router atau email server, sebelum akhirnya tibapada email server yang ada pada ISP di mana alamat email kitaterdaftar.Sedangkan Web-based Email atau email berbasis webdikembangkan dengantujuan untuk memberikan jasa email kepada orangyang memiliki aksesinternet, tetapi tidak memiliki account emailsendiri, atau yangdimiliki bukan akses ke email server, tapi ke sebuah web server.Jadi, orang yang akan mengirimkan email pertama-tama harus mengikutiprosedur untuk membuat sebuah account email (sign up) yang padaumumnya disediakan secara gratis.Perbedaan antara POP email dan Web-based email :1. POP email hanya dapat dibuka oleh komputer penggunasedangkan Web-based email dapat dilihat oleh siapa saja yangmemiliki aksesinternet.2. POP3 lebih besar kapasitas penyimpanannya karena media untukmenampung email yang tersimpan di komputer pribadi ukurannya tidakterbatas. Sedangkan Web email menggunakan komputer orang lain(komputer server) yang dibatasi dalam kapasitas penyimpanannya.3. Pada email berbasis pop3 kita dapat mengoperasikannya(membaca atau mengirim pesan elektronik) dalam keadaan offline,sedangkan pada email berbasis web pengoperasiannya selalu menuntutdalam kondisi Online ( dalam keadaan terkoneksi ke jaringanInternet).4. Email berbasis pop3 banyak disediakan oleh ISP secaragratis. Sedangkan email berbasis web banyak disediakan secara gratisoleh website-website tertentu di Internet, seperti :Hotmail.com,Yahoo.com, Apasich.com, SkyBiz.com dan lain sebagainya.

Photobucket

Oleh : Agus Suwanto, S.Kom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s